Program
Pembelajaran Individual
I. Biodata Anak
1.
Nama :
Arga Berlin Susanto (misal)
2.
Tempat,Tanggal Lahir : Surabaya, 14 Maret 2008 (misal)
3.
Jenis Kelamin : Perempuan
4.
Nama Orangtua
Ayah : Agus Prasetyo (misal)
Ibu :
Suci Handayani (misal)
5.
Anak Ke- :
1 (satu)
6.
Pekerjaan Ayah : PNS
7.
Pekerjaan Ibu : Ibu Rumah Tangga
8.
Bidang Kesulitan : Disleksia
9.
Tingkat pendidikan :
SD
10. Sekolah : SDN
Inklusi Taman Pelajar (misal)
II. Kemampuan yang diharapkan dari anak
1. Dapat
membedakan huruf `b` dan `d`
2. Dapat
mengenal huruf konsonan
III.
Kemampuan
Nyata yang Dikuasai
1. Mengenal
huruf vokal, namun belum mampu membaca huruf konsonan.
2. Terbalik
dalam membaca huruf `b` dan `d`
IV.
Tujuan
Umum (tujuan jangka panjang)
1. Dapat
membaca kalimat majemuk dalam buku bacaan.
V.
Tujuan
Khusus (tujauan jangka pendek)
1. Dapat
membedakan huruf `b` dan `d` serta mampu mengenal huruf konsonan.
VI.
Materi
Pelajaran
1. Materi
tentang huruf.
VII.
Metode
Pembelajaran
1. Metode
VAKT
VIII.
Media
dan Sumber
1. Kartu
bergambar huruf.
2. Plastisin
3. Pasir
untuk menulis.
IX.
Tempat
Pembelajaran
1. Di
Kelas Khusus
X.
Alokasi
Waktu`
1. Dilakukan
mulai dari Januari 2013 sampai Maret 2013
2. Dilakukan
sebanyak 36 kali pertemuan masing – masing pertumuan (30 menit).
XI.
Kegiatan
Belajar
1. kegiatan
belajar dilakukan secara terintegrasi dan continue, namun perlu dilakukan
1minggu 3 kali (30 menit) dalam satu bulan untuk mencapai tujuan:
1.1
Dapat membedakan huruf `b` dan `d`.
Dalam
kegiatan guru memberikan bantuan khusus, namun diprioritaskan anak bisa dengan
sendiri.
2. Kegiatan
belajar akan dimulai pertama yaitu pengenalan huruf a – z,khusunya pada huruf `b` , `d`, huruf konsonan, dan
huruf vokal. Contohnya anak ditunjukkan huruf `b` dan `d` lalu anak disuruh
menulis huruf `b` dan `d` secara bergantian di pasir. Dalam prakteknya kita
menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, yaitu belajar sambil
bermain.
XII.
Penilaian
1. Prosedur
penilaian: penilaian kemampuan Arga dilakukan selama proses latihan dan
pelajaran berlangsung dan pada akhir masa latihan
2. Jenis
dan alat pelatihan. Penilaian akan dilakukan dengan tes perbuatan, tes lisan
dan tes tertulis. Tes perbuatan dilakukan pemberian tugas pada Arga. Tes lisan dilakukan
proses pelajaran atau latihan. Secara lisan guru dengan siswa. Tes tulis
dilakukan dengan pemberian soal di kelas, di lembar soal.
|
No
|
Aspek
|
Jumlah Jawaban
|
Keterangan
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Terimakasih
BalasHapusSangat membantu sekali dalam menangani ABK
Jazaakallohu Khoiron,, ilmunya
BalasHapusIzin jadiin refrensi ya kak :)
BalasHapusmohon ijin untuk dijadikan referensi
BalasHapus